1.    Jelaskan pengertian manajemen publik
Jawab :
Manajemen publik adalah suatu studi interdisipliner dari aspek-aspek umum organisasi, dan merupakan gabungan antara fungsi manajemen seperti planning, organizing,  dan controlling di satu sisi, dengan sumber daya manusia, keuangan, fisik, informasi dan politik di sisi yang lain serta mempelajari tentang aspek manajemen dalam administrasi negara, yakni keunikan dan kekhususan dari manajemen sektor publik, serta mempelajari fungsi-fungsi manajemen yang  dijalankan manajer sektor publik dalam mengendalikan dan mengatur agar lembaga atau organisasi publik bisa memberikan pelayanan publik yang adil sekaligus berkualitas.

2.    Jelaskan fungsi-fungsi manajemen publik
Jawab :
A.    Fungsi Strategi
•    Menetapkan tujuan serta prioritas organisasi sebagai rencana jangka panjang
•    Merumuskan rencana operasional organisasi
B.    Fungsi Manajemen Komponen Internal
•    Organizing dan staffing
•    Menggerakkan pegawai serta mengatur manajemen sumber daya manusia
•    Sebagai kontrol kinerja
C.    Fungsi Manajemen Komponen Eksternal
•    Berurusan dengan unit-unit organisasi eksternal
•    Berurusan dengan organisasi independen
•    Berurusan dengan media massa serta masyarakat umum

3.    Jelaskan apa yang dimaksud dengan kebijakan publik
Jawab :
kebijakan publik adalah kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh pemerintah sebagai pembuat kebijakan untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu di masyarakat di mana dalam penyusunannya melalui berbagai tahapan dan diimplementasikan oleh aparatur birokrasi.

4.    Mengapa studi administrasi negara mempelajari kebijakan publik?
Jawab :
Administrasi negara berkenaan dengan bagaimana keputusan atau kebijakan publik diimplementasikan agar birokrasi publik menjalankan fungsinya sebagai lembaga implementasi kebijakan publik. Karena hal inilah studi kebijakan publik menjadi salah satu fokus pengajaran dalam ilmu administrasi negara.

5.    Jelaskan tipe-tipe studi kebijakan publik
Jawab :
(1)    Studi tentang sebab-sebab lahirnya kebijakan
Studi ini merupakan kajian kritis terhadap sebab-sebab yang mendorong pemerintah untuk membuat suatu kebijakan. Fokus dari studi ini bukan pada isi kebijakan dari pemerintah, tapi mengapa pemerintah membuat kebijakan tersebut.
(2)    Studi tentang aktor kebijakan
Studi ini mengungkap siapa aktor elit yang bertanggung jawab pada munculnya suatu kebijakan. Pada intinya studi ini mempetakan atau membagi kelompok-kelompok kepentingan dari suatu kebijakan tersebut.
(3)    Studi implementasi
Studi ini mempersoalkan proses implementasi kebijakan publik. Studi ini berusaha mengungkap proses implementasi dan faktor yang mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan implementasi suatu kebijakan.
(4)    Studi evaluasi
Ada dua jenis evaluasi yaitu evaluasi terhadap proses (implementasi) dan evaluasi dampak kebijakan.
o    Evaluasi proses
Menilai pelaksanaan kebijakan dan faktor yang menyebabkan kegagalan atau keberhasilan suatu kebijakan.
o    Evaluasi dampak kebijakan
Mengkaji berbagai dampak instrumen atau komponen-komponen yang memiliki pengaruh terhadap munculnya dampak suatu kebijakan.
(5)    Studi analisis kebijakan
Studi ini mempersoalkan jenis dan instrumen kebijakan yang bisa memaksimalkan pencapaian tujuan kebijakan tersebut dan secara efektif bisa memecahkan masalah publik yang ada. Studi ini mempertanyakan kebijakan apa yang perlu dilakukan oleh pemerintah agar masalah publik dapat terpecahkan melalui kebijakaan tersebut.

6.    Jelaskan apa yang dimaksud dengan ekologi administrasi negara dan jelaskan pula apa manfaat mempelajari ekologi administrasi negara
Jawab :
Merupakan salah satu cabang ilmu dari administrasi negara yang memfokuskan pada faktor persamaan dan perbedaan lingkungan yang secara tidak langsung mempengaruhi usaha pembaharuan administrasi negara di negara yang sedang membangun.
Manfaat mempelajari ekologi administrasi negara :
Dengan mempelajari ekologi administrasi negara, akan dapat diketahui ciri-ciri sistem administrasi negara dari suatu masyarakat, bangsa dan negara dan selanjutnya dapat dipahami mengapa dalam suatu masyarakat, bangsa dan negara tersebut telah tumbuh dan berkembang suatu sistem administrasi negara. Setelah kita mengetahui ciri-ciri sistem administrasi negara, kita dapat memahami kondisi masyarakat, bangsa dan negara itu, dapat kita susun dan kembngkan suatu sistem administrasi negara yang cocok dengan kondisi masyarakat, bangsa dan negara yang bersangkutan.

7.    Jelaskan apa yang dimaksud dengan administrasi pembangunan dan apa yang menjadi fokus studi
Jawab :
Administrasi pembangunan merupakan proses pengendalian usaha (administrasi) oleh negara atau pemerintah untuk merealisirkan pertumbuhan yang direncanakan ke arah suatu keadaan yang dianggap lebih baik dan kemajuan di dalam berbagai aspek kehidupan bangsa.
Fokus studinya :
Dalam rumusan tentang administrasi pembangunan, tampak kecenderungan untuk meletakan administrasi negara dalam dua fokus studi yaitu :
•    Pembangunan Administrasi Negara
Mempelajari paradigma, teori, model, strategi, dan kebijakan mengenai pembangunan administrasi negara
•    Manajemen Pembangunan
Mempelajari masalah manajemen pembangunan yang meliputi masalah pelaksaan keseluruhan fungsi manajemen pemerintahan.